Tabungan Si-Bolang

Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang anda miliki untuk disimpan. Menabung ialah salah satu cara dalam mengelola keuangan untuk mencapai keinginan anda. Menurut KBBI Menabung itu sendiri memiliki 1 arti. Menabung tersebut berasal dari kata dasar yakni tabung. Menabung itu memiliki arti kedalam golongan atau kelas kata kerja (verba ) sehingga menabung bisa menyatakan sebuah tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya.

Manfaat Menabung untuk Anak

Berlatih mengatur keuangan sendiri

Manfaat menabung untuk anak yang pertama, yaitu melatih mengatur keuangan mereka sendiri. Dengan kebiasaan menabung secara rutin, anak-anak mampu memperhitungkan berapa uang untuk jajan, dan berapa untuk disimpan.

Bagi Anda yang memberikan uang saku harian, tetapkan nominal harian yang harus disisihkan dari uang saku mereka. Begitu juga jika uang saku diberikan setiap minggu, maka latihlah agar anak mampu menyisihkan tabungan sebelum dihabiskan selama sepekan.

Belajar merencanakan keuangan

Jika anak mempunyai keinginan untuk membeli sesuatu, tidak ada salahnya menyuruh mereka membeli dari hasil menyisihkan uang saku. Dengan demikian, mereka akan belajar menyesuaikan kapan dapat membelinya dan besar uang yang harus disisihkan setiap hari, hingga terkumpul dana yang cukup.

Mungkin mudah saja bagi Anda membelikan barang yang diinginkan. Akan tetapi, menabung dapat mendidik mereka melakukan perancangan keuangan. Apabila mereka tidak memiliki target khusus untuk membeli barang yang diinginkan, Anda dapat mengarahkan mereka untuk memiliki target. Misalnya dengan menjanjikan liburan ke suatu tempat, dengan syarat uang jajan di tempat liburan berasal dari tabungan mereka. Cara ini dapat membuat anak menjadi bersemangat menabung.

Belajar disiplin

Manfaat menabung untuk anak yang lain yaitu mengajarkan mereka disiplin. Anda dapat menetapkan nominal tertentu untuk ditabung setiap hari. Di samping itu, Anda juga perlu menetapkan sanksi ringan jika mereka tidak menabung, misalnya mengurangi jatah menonton televisi dan bermain game. Sebaliknya, Anda juga mesti memberi hadiah jika anak rajin menabung hingga jangka waktu tertentu. Misal, menambahkan uang saku, agar dapat menabung lebih banyak. Pemantauan tehadap kebiasaan menabung oleh Anda, dapat menjadikan anak disiplin dan merasa bertanggung jawab.

Mengajarkan hidup hemat

Pepatah sedia payung sebelum hujan, cocok untuk diajarkan kepada anak terkait menabung. Mereka perlu diberikan kesadaran tentang perlunya melakukan persiapan untuk hal-hal tak terduga di masa depan. Manfaat menabung untuk anak ini, juga menghindarkan dari kebiasaan membeli barang yang mubazir. Hingga dewasa nanti, mereka terbiasa hanya akan membeli barang sesuai keperluan, baik jumlah maupun jenisnya. Slogan hemat pangkal kaya, juga relevan untuk memotivasi anak agar rajin menabung.

Belajar menghargai uang

Memberi pemahaman tentang susahnya mendapatkan uang, dapat Anda lakukan dengan mengajari mereka berwirausaha. Melalui cara tersebut, anak dapat menghasilkan uang sendiri, meski jumlahnya tidak banyak. Uang yang dihasilkan dapat ditabung sedikit demi sedikit. Hal dapat menjadi ajang pembelajaran untuk menghargai uang bagi anak. Setelah memahami sulitnya memperoleh uang, mereka akan menghargainya, sekalipun hanya recehan. Mereka juga tidak akan dengan mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting.

Source : https://www.educenter.id/manfaat-menabung-untuk-anak/

Tabungan Si-Bolang

Kali ini BPR LPM meluncurkan produk untuk pelajar yaitu Tabungan Si-Bolang. Si-Bolang merupakan singkatan dari Simpanan Bimbingan Orang Tua Pelajar Gemilang, Hanya dengan Rp. 1.000,- / Hari.

Ayo Menabung di BPR LPM!