Picture 061
Bank sebagai lembaga intermediasi dan pelaksana sistem pembayaran memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia mengingat pangsa perbankan yang masih sangat mendominasi sistem keuangan di Indonesia. Agar pelaksanaan fungsi intermediasi dan sistem pembayaran tersebut dapat berjalan dengan efektif, kegiatan usaha yang dilakukan bank serta produk dan jasa yang ditawarkannya perlu diketahui dengan baik oleh masyarakat yang akan memanfaatkannya sehingga interaksi antara bank dengan masyarakat dapat berjalan dengan
semestinya dimana hak dan kewajiban masing-masing pihak dapat terpenuhi.
Pada kenyataannya, dalam penyelenggaraan operasional perbankan masih terdapat banyak permasalahan yang terjadi antara perbankan dan masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya permasalahan tersebut adalah belum memadainya tingkat pengetahuan dan pemahaman masyarakat di bidang keuangan khususnya
perbankan.
Kurang memadainya pemahaman masyarakat tentang fungsi dan peran bank serta produk dan jasa perbankan dapat menghambat pemanfaatan bank dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik di masa depan. Hal ini antara lain dapat dilihat dari hasil baseline survey tingkat literasi dan pemahaman masyarakat terhadap produk keuangan dan perbankan yang memberikan kesimpulan bahwa edukasi kepada masyarakat di bidang keuangan dan perbankan sangat diperlukan.

Otoritas Jasa Keuangan telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 1/SEOJK.07/2014 tanggal 14 Feb 2014 tentang Pelaksanaan Edukasi dalam Rangka Meningkatkan Literasi Keuangan kepada Konsumen dan/atau Masyarakat yang mulai berlaku sejak 6 Agustus 2014.

Picture 055Bpk. Imbang Maulana (Kadiv Bisnis) sedang menjelaskan masalah literasi keuangan

Apakah Literasi Keuangan itu?

Literasi Keuangan adalah kemampuan untuk memahami pengetahuan serta keterampilan untuk mengelola sumber daya keuangan untuk mencapai kesejahteraan.

Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) yang dalam hal ini terdiri dari Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, Perusahaan Efek, Penasihat Investasi, Bank Kustodian, Dana Pensiun, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Reasuransi, Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Gadai, dan Perusahaan Penjaminan, baik yang melaksanakan kegiatan usahanya secara konvensional maupun secara syariah wajib menyelenggarakan Edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada Konsumen dan/atau masyarakat.

Picture 049Bpk. Dede Gunawan (Admin Kredit) sedang menjelaskan Literasi Keuangan

Oleh karenanya, PT. BPR LPM dalam rangka pemenuhan ketentuan dari OJK, melaksanakan Edukasi Literasi Keuangan pada tanggal 12 Desember 2015 yang berlokasi di SMA PGRI Naringgul Kabupaten Cianjur.

Sasaran Program Literasi Keuangan ini adalah memberikan penambahan pengetahuan mengenai “Pengertian,jenis, fungsi dan peran bank” kepada para pelajar SMA PGRI Naringgul Kabupaten Cianjur.

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HUBUNGI KAMI

Need help?
Scan the code